Friday 15 April 2016

// // Leave a Comment

IPA : buah pisang all-abut tentang pisang manfaat dan kandungan gizi


DASAR TEORI YANG MENDUKUNG/ TINJAUN PUSTAKA
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.
Keanekaragaman pisang[sunting | sunting sumber]
Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.
Teori mengenai keragaman genetik pisang budidaya[sunting | sunting sumber]
Pisang budidaya pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Persilangan alami dengan Musa balbisiana memasukkan genom baru, disebut B, dan menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang. Pengaruh genom B terutama terlihat pada kandungan tepung pada buah yang lebih tinggi. Secara umum, genom A menyumbang karakter ke arah buah meja (banana), sementara genom B ke arah buah pisang olah/masak (plantain). Hibrida M. acuminata dengan M. balbisiana ini dikenal sebagai M. ×paradisiaca. Khusus untuk Kelompok AAB, nama Musa sapientum pernah digunakan.
Mengikuti anjuran Simmonds dan Shepherd yang karyanya diterbitkan pada tahun 1955, klasifikasi pisang budidaya sekarang menggunakan nama-nama kombinasi genom ini sebagai nama kelompok budidaya (cultivar group). Sebagai contoh, untuk pisang Cavendish, disebut sebagai Musa (AAA group Dessert subgroup) 'Cavendish'. Di bawah kelompok masih dimungkinkan pembagian dalam anak-kelompok (subgroup). Lihat pula artikel Musa untuk pembahasan lebih mendalam.
Pisang bakar, khas dari Sumatera Barat.
Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.
Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin).
Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang(Bandung), Pisang Molen (Bogor), dan epe (Makassar).
Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.
Energi
Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.
Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.
Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.
Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.
Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.
Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.
Misneral
Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.
Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).
Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.
Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan



manfaat buah pisang sangat luar biasa, inilah beberapa kandungan dari buah pisang :
  • Karbohidrat, sebagai sumber energi
  • Kalsium, melancarkan sistem syaraf, fungsi otot dan otak, serta membantu pemeliharaan gigi dan tulang.
  • Kalium, sangat berperan dalam kesehatan jantung, tekanan darah, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dan membantu mengirimkan oksigen ke otak.
  • Vitamin: C, B6, A, D, K, folat, tiamin, riboflavin, niasin, dll.
  • Mineral: zat besi, fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga, selenium serta fluorida.
Kandungan kalori dalam pisang:
Untuk setiap 100 gr buah pisang terkandung kira-kira 90 kalori, dan sangat cocok untuk membantu program
diet anda karena kandungan lemak didalam pisang cukup kecil
Manfaat kulit buah pisang: Jerawat,Psoriaris,Gatal dan iritasi,Mempercantik kulit,Kutil,Luka,Gatal karena gigitan nyamuk
Pisang goreng adalah makanan ringan yang banyak ditemui di Indonesia, Singapura dan Malaysia. Makanan ini dibuat dari buah pisang, sesudah di kupas kulitnya dipotong-potong sesuai keinginan kemudian di lumuri bersama adonan kental terbuat dari campuran tepung, telur, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.
variasi Ada beberapa variasi pisang goreng seperti pisang molen yang bentuknya lebih kecil dibalut dengan lilitan adonan tipis kemudian digoreng dalam minyak goreng. Ada satu lagi varian dari pisang goreng yang lebih bisa tahan lama, sehingga bisa di kemas dan dijadikan sebagai oleh - oleh khas, namanya sale pisang goreng, produsen makanan ini banyak di temui di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Tabel perbandingan kandungan zat besi dan seng antara buah pisang dan apel :

Zat Besi
Seng
Buah Pisang
2 mg / 100 g
0,8 mg / 100 g
Buah Apel
0,1 mg / 100 g
0,2 mg / 100 g
Dalam hal pemanfaatannya, buah pisang terbagi kedalam empat jenis :
  1. Pisang untuk dikonsumsi tanpa menunggu buah masak, yaitu M.Nana atau M.Cavendishii, M.Paradisiaca Var Sapientum, dan M.Sinensis. contoh : pisang lampung, raja, mas, sereh, ambon, susu, uli.
  2. Pisang untuk dikonsumsi setelah buah matang. Yaitu M.paradisiaca normalis atau nama lengkapnya juga M.paradisiaca forma typicaatau, Contoh dari pisang jenis ini yaitu : pisang kapok, nangka, tanduk, kapas.
  3. Pisang yg terdapat biji dalam buahnya yaitu M.brachycarpa.Contoh pisang jenis ini yaitu pisang klutuk dan batu.
  4. Pisang yg dimanfaatkan untuk diambil seratnya ,contohnya pisang manila

1. Buah Pisang Kaya akan Vitamin dan Serat
Tahukan anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu pisang juga kaya akan potasium. Maka dari itu buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
2.Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Sakit Maag
buah pisang juga bisa jadi solusi disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.
3. Buah Pisang Bisa dijadikan Masker untuk Mengobati Jerawat
4. Buah Pisang Bisa Meningkatkan mood
bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Jadi jika anda sedang galau, makanlah pisang hehe
5. Buah Pisang Bisa Menghaluskan Kulit Wajah
6. Sebagai Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita
7. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar
8. Bermanfaat Untuk Mengalirkan oksigen ke otak
Buah pisang juga bermanfaat dalam memngalirkan oksigen ke otak karena buah pisang sendiri kaya akan potasium, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.
9. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
10. Buah Pisang dapat Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid
11. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
12. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.
13. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita
14. Mencegah penyakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
15. Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk membuat penderita anemia terselamatkan. Jadi bila anda kekurangan darah, segeralah makan buah enak ini hehe
16. Bermanfaat untulk Menurunkan berat badan
17. Buah pisang baik untuk Ibu hamil, Mengapa?
Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan.

Menikmati Lezatnya Pisang Rebus

Pisang rebus bisa dikatakan merupakan makanan sehat yang sama sekali tidak mengandung kolesterol, sehingga baik bagi Anda yang bermasalah dengan penyakit yang satu ini. Selain itu
pisang rebus juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan. Selain kedua hal tersebut mitosnya pisang rebus juga bermanfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi (untuk yang satu ini blog khasiat pisang belum menemukan referensi terpercaya).


Kesimpulan : ternyata buah pisang yang di goreng dan di kukus dengan dugaan benar benar mempunyai ketepatan ternyata dari segi warna bentuk tekstur dan rasa dari kedua percobaan tersebut mempunyai perbedaan masing seperti pisang goring yang mempunyai perbedaan dari isegi warna dan rasa serta tekstur setelah masuk tahapan penggorengan ternyata mengalami perubahan dari
Asa lwarnanya putih berubah menjadi kecoklatan. Serta dari segi tekstur dari asalnya padat keras menjadi padat lembek begitu pun dengan rasanya dari asalnya kesat setelah di goring menjadi sedikit manis dan gurih karena di tambahkan dengan gula. Sedangkan untuk pisang kukus sama mempunyai perbedaanya itu dari rasa nya yang keset menjadi sedikit masam,, serta teksturnya lembek dari asalnya padat keras serta ber air, oleh karena itu pisang sangat mudah sekali menerima pengaruh pengaruh.








PISANGGORENG DAN PISANG KUKUS
PENDAPAT TIDAK ENAK ENAK KETERANGAN
ABDULAH M PISANG G DAN K


ANISA

PISANG G DAN K

AHMAD GANDAR

PISANG G

AGUS ALIANDI

PISANG G

KEVIN

PISANG G

MELY

PISANG G

RIDWAN ARYA

PISANG G




PISANG GORENG PISANG KUKUS
NO PENDAPAT RASA TEKS KET RASA TEKS KET
1 A.MARGANI HAMBAR LEMBEK TIDAK ENAK HAMBAR TERLALU LEMBEK TIDAK ENAK
2 AGUS ALIANDI MANIS LEMBUT SEDANG SEDIKIT MANIS LEBIH LEMBUT SEDANG
3 AHMAD G MANIS KASAR ENAK SEDIKIT ASAM TAPI MANIS LEMBEK SEDANG
4 ANISA MANIS SEDIKIT MASAM LEMBUT,EMPUK ENAK MASAM LEMBEK KURANG
5 KEVIN SEDIKIT MASAM TAPI MANIS LEMBEK TIDAK TERLALU PADAT LUMAYAN ENAK SEDIKIT ASAM LEMBEK DANBER-AIR SEDANG
6 MELLY MANIS TAPI KESET LEMBUT ENAK MANIS TAPI AGAK SEDIKIT MASAM LEMBEK DAN EMPUK ENAK
7 RIDWAN KESET MANIS EMPUK ENAK SEDIKIT MASAM,KESET TAPI MANIS LEMBEK EMPUK ENAK


ALASAN KENAPA BANYAK YANG MEMILIH PISANG GORENG ENAK KARENA DARI SEGI RASA DAN TEKSTUR DOMINAN YANG MENCICIPI ATAU YANG MENCOBA LEBIH MEMILIH PISANG GORENG DI KARENA KAN PISANG KUKUS MEMPUNYAI KENDALA YAITU DARI RASA DAN TEKSTUR NYA YANG MANA MUNGKIN MASIH BELUM SESUAI DENGAN RASA PARA PENCOBANYA. KENAPA PISANG GORENG LEBIH DOMINAN DI KARENAKAN DARI SEGI RASA DAN TEKSTURNYA YANG MANA MEMPUNYAI TEMPAT YANG PAS DI RASA PENCICIP/PENCOBA NYA DAN JUGA DI TAMBAHKAN TABURAN GULA YANG MANA MENAMBAHKAN CITA RASA PADA PISANG GORENG TERSEBUT.


ALAT DAN BAHAN : PISAU, 2 BUAH SIKAT PISANG NANGKA,WAJAN,PANCI,AIR,MINYAK,2PIRING,GARPUH,GULA,PENYARING.SPATULA,GAYUNG,GULA PASIR
TUJUAN PENELITIAN : 1. UNTUK MENGETAHUI PERBANDINGAN RASA DAN TEKSTUR KE-MASAKAN BUAH PISANG. 2.UNTUK MENGETAHUI PROSES PERUBAHAN WUJUD ATAU BENTUK PISANG DARI SEBELUMNYA DAN SESUDAH,3.UNTUK MENGETAHUI PROSEDUR MANA YANG LEBIH MUDAH DAN PRAKTIS DI LAKUKAN DALAM PENGOLAHAN PISANG, 4.AGAR SUPAYA BISA SUATU SAAT MEMBUAT SUATU HIDANGAN YANG AKAN DI HIDANGKAN ATAU DI JUAL.5,BELAJAR BERBAGAI MACAM PENGOLAHAN PISANG SALAH SATU NYA KE-2 PENGOLAHAN DI ATAS.6,UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN YANG DI BERIKAN OLEH 2 PENGOLAHAN DI ATAS.


PROSEDUR PENELITIAN :
YANG PERTAMAN DI PERSIAPKAN ADALAH BUAH PISANG YANG HAMPIR MAU MATANG TOTAL KARENA KENAPA TIDAK MENGGUNAKAN PISANG YANG MATANG DI KARENAKAN KALAU MENggunakan pisang yang matang akan membuat tekstur dan rasa yang akan di ujikan tidak akan terlalu sesuai harapan di karena kan pisang yang matang ya sudah mempunyai rasa yang mewakili nya sehingga penelitian yang akan di lakukan akan mempunyai kendala. Dan setelah di siapkan buah pisang selanjutnya sediakan pisau dan meja untuk mengiris pisang lalu setelah pisang semua nya telah selesai dip roses pada tahap pertaman selanjutnya bersihkan pisang agar pisang higienis dan terhindar dari zat-zat yang dapat mempengaruhi cita rasa. Setelah di cuci next ke tata cara pengolahan.
  1. Pisang goreng
  • Siapkan pisang, lalu iris atau potong dan pisahkan dengan kulitnya lalu
  • Cuci buah pisang yang sudah di potong dan di pisahkan
  • Panaskan wajan dengan di tambahkan minya secukupnya
  • Lalu setelah wajan sudah terlihat siap,lalu masukan buah pisang tadi ke wajan
  • Bulak balik buah pisang agar matang nya merata dan tunggu sampai buah pisang berwarna kecoklatan yang mana menandakan buah pisang sudah matang biasanya memakan waktu 5 menit kurang lebih.
  • Setelah terlihat kecoklatan angkat pisang dan tiriskan agar minyak yang terbawa terbuang. Setelah itu tempatkan pada piring dan lumuri dengan gula
  • Bagi pisang yang belum di goreng maka lakukan cara seperti di atas
  1. Pisang kukus
  • Siapkan pisang, lalu potong menjadi 2 bagian ataupun tidak juga tidak apa apa
  • Lalu panaskan panci stelah terlihat siap,
  • Masukan buah pisang dan tunggu sekitar 30 menit kurang lebih, sampai pisang berwarna pucat dari semula nya dan memberikan effek aroma yang sedap.
  • Setelah terlihat seperti itu lalu angkat pisang dan dinginkan lalu potong potong menjadi dua bagian berbentuk vertical lalu setelah itu simpan di piring dan hidangkan.
Judul cover : perbandingan rasa dan tekstur pisang goreng dan kukus


0 komentar:

Post a Comment