Friday 15 April 2016

// // Leave a Comment

Cara Mengatasi Flasdisk yang tiba-tiba hilang karena virus semacamnya tutor


                   Cara Mengatasi Data Flashdisk yang Tiba-tiba Hilang 

Seringkali kita merasa dijengkelkan ketika tiba-tiba data kita tiba-tiba hilang. Baik di Harddisk kita ataupun Perangkat lain seperti Flashdisk. Yups, memang sangat menjengkelkan, apalagi isi dari Flashdisk kita adalah beberapa kumpulan tugas-tugas yang kita sudah kerjakan berwaktu-waktu, berjam-jam lamanya, tiba-tiba hilang, atau semuanya berubah menjadi Shortcut-shortcut. Argghh,.. kesal, marah, jengkel, semuanya ada, menyatu menjadi satu. Terkadang sampai-sampai kita ingin melempar benda-benda di sekitar kita.

Yah inilah yang pernah saya rasakan, ketika saya mengerjakan banyak tugas-tugas saya sampai malam, hingga saya telat tidur, namun setelah saya save di Flashdisk, terkadang pas saya mau print ke rental warnet dan print, atau ketika saya masukkan ke Komputer orang lain yang saat itu terdapat virus yang merusak, tiba-tiba saja Data didalam Flashdiskku menjadi Shortcut-shortcut semuanya. Saya tau ini adala pekerjaan virus. Saya mencoba men-scan dengan AV yang lokal ataupun interlokal. Eh... malangnya semua data saya malah hilang semua, hanya ada tulisan This Folder is Empty. Semakin dibuat kesal saja.

Akan tetapi, ketika saya lihat di properties dan melihat di data used, disana terisi beberapa MB. Tetapi di tampilan jendela windowsnya, semua data saya hilang. Saya lihat di My Computer dan melihat kapasitas dari Flashdisk saya, ada informasi bahwa sebagian Flashdisk saya sudah terpakai. Loh kok bisa? Padahal semua data saya tidak ada yang tampil? Alias hilang? Hal ini juga yang pernah teman-teman saya alami di sekolah saya, mereka juga kebingungan dan marah sekali karena data-datanya tiba-tiba hilang. Pasti anda pun pasti kesal jika pernah merasakan seperti ini.

Akhirnya, karena saya merasa kebingungan tentang kapasitas Flashdisk saya yang tadi, saya mencoba Googling dan menemukan banyak sekali artikel-artikel disana. Saya membuka salah satu artikel dari semua yang ditampilkan disana, dan menemukan hal yang menarik. Disana dikatakan bahwa Flashdisk anda terkena virus, bukan ini yang menarik, namun kelanjutan setelah kalimat itu. Dikatakan bahwa data-data yang ada di Flashdisk saya itu sebenarnya tidak hilang. Melainkan tersembunyi (hidden) oleh virus. Anda bisa menampilkannya kembali. Wah kalimat itulah yang membangunkan semangat juang saya lagi. Hehe :D

Kemudian dibawahnya terdapat langkah-langkah untuk menampilkannya lagi. Dan caranya sangat mudah hanya dengan mengetik-ketikkan sedikit perintah. Seperti dibawah ini langkah-langkah untuk mengembalikan File yang terhidden :

  1. Masuk ke CMD (command prompt) dengan cara klik menu Start >> RUN >> Ketik cmd >> OK. Atau dengan menekan hotkeys pada keyboard dengan menekan Windows + R , akan muncul jendela RUN. Ketikkan CMD lalu OK/Enter. Setelah tampil, ketikan partisi drive flashdisk contoh yang saya praktekan ditutorial ini flashdisk saya ada di E:
  2. Kemudian ketikan perintah berikut : attrib -s -h *.* /s /d
  3. Setelah itu tunggu beberapa menit, sampai proses selesai (jika isi data di flashdisk besar maka proses juga semakin lama)


Keterangan :
Attrib = attribute atau sifat dari suatu file
-s = berfungsi supaya file kembali dikenal oleh windows
-h = berfungsi menampilkan kembali file yg tersembunyi/disembunyikan
e: = Silahkan ganti dengan lokasi flash disk dikomputer
/s /d = perintah attrib akan dikenakan pada semua file dan folder yang berada di dalam folder

Langkah ini berlaku disemua partisi hardisk/disk jadi bukan hanya diflashdisk saja, Ok selamat mencoba

sumber :
- See more at: http://cyberconnex.blogspot.co.id/2015/05/cara-mengatasi-data-flashdisk-yang-tiba-tiba-hilang.html#sthash.CygBvxRd.dpuf


0 komentar:

Post a Comment