Friday 15 April 2016

// // Leave a Comment

PLH : ALL ABOUT PLH lingkungan hidup season uts2 2016



  • NORMA LINGKUNGAN HIDUP

Macam-Macam norma Dan Contohnya|Norma terbagi 4 Norma yakni Norma agama, Norma kesusilaan, Norma Hukum, Norma Kesopanan, disetia norma tersebut memiliki contoh-contoh nya dan penjelasannya, disetiap contoh tersebut sangat kental dengan dari ke 4 norma-norma tersebut, Norma  harus dipatuhi oleh setiap masyarakat agar mereka tidak dicaci maki oleh orang disekitar kita, karna norma-orma disetiap daerah berbeda-beda, karna disetiap daerah memiliki norma-norma tersendiri sehingga kita harus mematuhi apa yang berlaku disana, sehingga ada baiknya kita mengetahui norma-norma apa saja yang ada dimasyarakat yang harus kita tahu, berikut Macam-Macam Norma dan Contohnya dibawah ini...


  • Macam-Macam norma Dan Contohnya

Ada empat norma yang berlaku dalam masyarakat yaitu. norma agama, kesusilaan, kesopanan/adat, dan hukum. penjelasan norma-norma tersebut sebagai berikut...

1. Norma agama 
Norma agama merupakan sekumpula kaidah atau peraturan hidup yang sumbernya dari wahyu ilahi. nirma agama ialah aturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Contoh Norma agama ialah..
a. Melaksanakan ketentuan agama, seperti : membantu sesama manusia, menghormati orang lain, tidak semena-mena terhadap orang yang lemah.
b. Menjauhi larangan agama, seperti melakukan perjudian, minuman-minuman keras, mencuri, berbuat fitnah, membunuh, berbut  zina, berbuat riba;
c. Melaksanakan Sholat/ sembahyang, ibadah  tepat pada waktunya 
2.Norma Kesusilaan 
Setiap manusia memiliki hati nurani yang membedakan dengan makhluk lainnya. C.S.T . Kansil menyatakan bahwa norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia (insan kamil ).

Contoh Norma kesusilaan ialah :
a. dilarang membunuh
b. berkata jujur, benar
c. menghormati, menghargai orang lain
d. berbuat baik terhadap sesama manusai
e. berlaku adil terhadap sesama 

3. Norma Kesopanan/adat 
Norma keposanan juga sering disebut sebagai norma adat masyarakat tertentu. Landasana kaidah ini adalah kepatuhan, kepantasan dan kebiasaan yang berlaku pada masyarakat itu. jadi Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari tata pergaulan masyarakat tentang etika sopan santun, dan tata krama dalam masyarakat..

Contoh Norma Kesopanan/adat ialah...
a. Tidak meludahi di sembarang tempat
b. Bertutur kata yang sopan, tidak menyakitkan  kepada siapa pun
c. masuk rumah orang lain dengan permisi
d. menghormati orang yang lebih tua atau dituakan
e. Mempersilahkan/ memberikan tempat duduk pada wanita dalam Bus, atau kereta api.
4.Norma Hukum

Norma Hukum
adalah norma/aturan-aturan yang bersumber dari pemerintah atau negara. Norma hukum dibuat oleh pejabat pemerintah yang berwenang dengan tertulis dan sistematika tertentu.

Contoh Norma Hukum ialah...
a. Barang siapa menghilangkan nyawa orang lain dikenakan pidana penjara dengan ancaman pidana sekurang-kurangnya 15 tahun.
b. Pengemudi kendaraan bermotor harus membawa Surat Ijin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
c. Barang siapa mengambil hak milik orang lain untuk dikuasai kepadanya akan dikenakan saksi pidana.
d. Tidak boleh ingakar janji, penipuan dalam jual beli.  


  • KEGIATAN MANUSIA DALAM PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN


1. PEMANFAATAN LINGKUNGAN HIDUP
tentu saja berkaitan dengan aktivitas manusia sehari-hari dalam memanfaatkan sumber daya alam. Secara umum, pemanfaatan lingkungan hidup dilakukan oleh manusia dengan cara sebagai berikut. pemanfaatan lingkungan hidup lingkungan hidup

A. Pemanfaatan Lingkungan Darat Pemanfaatan lingkungan darat sangat berkaitan dengan pemanfaatan tanah dan lahan. Pemanfaatan tanah antara lain untuk kegiatan pertanian, perkebunan, industri, permukiman, dan kegiatan ekonomi lain. Pemanfaatan tanah untuk permukiman dan ruang aktivitas manusia dikenal atau disebut pemanfaatan lahan.

B. Pemanfaatan Lingkungan Laut Lingkungan air terdiri atas dua bagian, yaitu air darat dan air laut. Perairan darat seperti danau dan waduk dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembangkan kegiatan perikanan. Sungai merupakan perairan darat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk alat transportasi dan pengembangan perikanan. Perairan laut dimanfaatkan untuk sarana transportasi antar pulau atau antar benua, penghasil ikan dan sumber daya laut,serta penyedia energi gelombang laut untuk pembangkit listrik. Lingkungan air juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air dan objek wisata.

C. Pemanfaatan Lingkungan Udara Lingkungan udara dimanfaatkan sebagai jalur transportasi udara seperti pesawat udara dan helikopter. Selain itu, udara juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi. Gas yang terkandung di udara dapat dimanfaatkan untuk bernapas makhluk hidup dan sebagai sarana pembakaran.

Sumber: http://ipsgampang.blogspot.co.id/2014/06/pemanfaatan-lingkungan-hidup.html

2. UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN
Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu:
a. Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup.
b. Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut:
a.Menjamin pemerataan dan keadilan.
b.Menghargai keanekaragaman hayati.
c.  Menggunakan pendekatan integratif.
d. Menggunakan pandangan jangka panjang.


Berikut ini adalah beberapa upaya untuk melestarikan lingkungan hidup :

1. Menjaga kelestarian air
1)Tidak membuang sampah sembarangan.
2) Melakukan kegiatan penghijauan atau penanaman pohon.
3) Menggunakan air secukupya sesuai dengan keperluan saja.
4)Air bekas cucian dan mandi diusahakan tidak langsung meresap ke dalam tanah, namun dialirkan ke saluran pembuangan.

2.Menjaga Kelestarian Udara
Udara sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap mahluk hidup memerlukan udara terutama untuk bernafas.
3. Menjaga Kesuburan Tanah
Tanah merupakan tempat hidup bagi mahluk hidup. Semua hasil perkebunan, pertanian, pertambangan dan hasil bumi lainnya berasal dari tanah.

4. Melestarikan Hutan
1)Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.
2)Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.
3)Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon.
4)Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
5)Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

5.Meletarikan Flora dan Fauna yang Ada di Lingkungan Hidup
1. Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa.
2.Melarang kegiatan perburuan liar.
3.Menggalakkan kegiatan penghijauan.
Pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memikirkan dan mewujudkan terbentuknya pelestarian lingkungan hidup. Hal-hal yang dilakukan pemerintah antara lain:
4. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 yang mengatur tentang Tata Guna Tanah.
5.Menerbitkan UU No. 4 Tahun 1982, tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.
6. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986, tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan).
7. Pada tahun 1991, pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan


  • JENIS JENIS SUMBER DAYA ALAM
    1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Artinya walaupun sumber daya alam tersebut dipergunakan atau dimanfaatkan oleh manusia, tetapi manusia dapat mengusahakan kembali sumber daya tersebut, sehingga tidak khawatir habis, karena manusia bisa memperbarui sumber daya alam tersebut.
Pemanfaatan sumber daya alam jenis ini, walaupun dapat diperbarui, tidak berarti kita bisa memanfaatkannya dengan sesuka hatinya, kita tetap harus hemat dan menjaga kelestariannya agar tidak rusak dan cepat habis. Caranya dengan memanfaatkan sumber daya  alam tersebut sesuai dengan kebutuhan kita (manusia). Selain itu juga bisa dilakukan dengan memelihara jenis tanaman atau hewan tertentu yang jumlahnya semakin sedikit. Sebagaimana diketahui pada saat ini banyak diketemukan adanya jenis-jenis tertentu dari hewan dan tumbuhan yang sudah menjadi langka dan sulit untuk dijumpai.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat dikelompokkan menjadi sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non-hayati. Sumber daya alam hayati berasal dari makluk hidup, sedangkan sumber daya alam non-hayati bukan berasal dari makluk hidup.
a)Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang ada di permukaan bumi dan hidup, antara lain hewan dan tumbuhan. Ciri utama dari sumber daya alam hayati adalah tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, dan membutuhkan makanan.
1)Hewan
Hewan termasuk salah satu dari sumber daya alam hayati, dan termasuk dalam kategori dapat diperbarui. ya, seperti hewan buas dan hewan jinak dan sebagainya.
2)Tumbuhan
Tumbuhan termasuk salah satu dari sumber daya alam hayati, dan termasuk dalam kategori dapat diperbarui.
  1. a.Sumber Daya Alam Hutan
Hutan adalah sebuah areal atau wilayah yang luas atau sangat luas, biasanya terletak di lereng sebuah pegunungan (dataran tinggi) yang mempunyai ciri khas banyak ditumbuhi berbagai macam pohon atau salah satu jenis pohon tertentu yang sangat padat
  1. b.Sumber Daya Alam Hasil Pertanian
Pertanian adalah sebuah areal atau wilayah yang luas, yang dengan sengaja ditanami oleh manusia dengan tumbuhan tertentu, biasanya sejenis, dengan tujuan untuk diperdagangkan dan serta untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. dijual, sebagian dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.




  1. c.Sumber Daya Alam Hasil Perkebunan
Perkebunan adalah sebuah areal atau wilayah yang dengan sengaja ditanami oleh manusia dengan tumbuhan tertentu, biasanya tanaman sejenis, dibudidayakan dengan tujuan untuk diperdagangkan serta untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam perkebunan biasanya terletak di daerah antara dataran rendah dan dataran tinggi. Jenis tumbuhan yang ditanam di lahan perkebunan antara lain: cokelat, kelapa sawit, teh, apel, tembakau, kapas, cengkeh, tebu, bunga, dan sebagainya.


b) Sumber Daya Alam Non-Hayati
Sumber daya alam non-hayati adalah sumber daya alam yang ada di atas permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi tetapi tidak hidup, antara lain tanah, udara dan air.
1)Tanah
Tanah adalah lapisan bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Bahan organik merupakan bahan sisa makluk hidup yang telah mati. Tanah termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui, karena tanah terbentuk dari bahan-bahan sisa makluk hidup yang telah mati, seperti dahan, daun, ranting, kotoran, pohon, hewan juga manusia yang diurai oleh hewan-hewan kecil seperti rayap menjadi tanah.
2)Air
Air adalah suatu zat yang terdiri dari zat hidrogen dan oksigen (H2O). Kita semua mengetahui apa itu air, karena setiap hari kita tidak bisa melepaskan diri dari air, bahkan disarankan dalam satu hari minimal kita harus minum air sebanyak 1 liter. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup. Air adalah sumber kehidupan, tanpa air manusia dan makluk lainnya akan mati.
3)Udara
Udara termasuk salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui. Caranya melalui kegiatan fotosintesis pada tumbuhan. Bilamana permukaan tanah banyak ditumbuhi tanaman, maka udara bersih dan sehat banyak diperoleh di daerah tersebut, demikian halnya sebaliknya. Hal ini dikarenakan tumbuhan menghasilkan udara bersih.
  1. 2.Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika dipakai terus menerus akan habis dan tidak dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Manusia tidak bisa membuat atau memperbanyak keberadaan sumber daya alam jenis ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Manusia hanya bisa melakukan daur ulang terhadap sumber dayalam tersebut. Artinya manusia hanya bisa mengolah kembali bahan yang telah dipakai sehingga bisa dipergunakan atau dimanfaatkan kembali. Contoh besi, manusia tidak bisa membuat besi, tetapi mengolah kembali besai yang tidak terpakai menjadi benda yang diperlukan manusia. Contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah berbagai macam barang tambang seperti minyak bumi, gas alam, emas-perak, dan batu bara dan lain sebagainya. Minyak bumi yang kita ambil dari dalam bumi dan dipergunakan untuk bahan bakar (kendaraan, penerangan maupun memasak) oleh manusia suatu saat bisahabis, seperti sekarang ini sudah mulai berkurang. Oleh karena itu harga minyak bumi yang dipergunakan sebagai bahan bakar semakin hari semakin mahal. Berdasarkan kondisi tersebut, diharapkan manusia memanfaatkan sumber daya alam jenis ini secara hati-hati, hemat, dan menjaga kelestariannya. Caranya dengan memanfaatkan sumber daya alam tersebut sesuai dengan kebutuhan kita (manusia) dan tidak berlebih-lebihan.
a) Minyak Bumi
Minyak bumi adalah sumber daya alam yang dipergunakan manusia sebagai bahan bakar, biasa dikenal dengan istilah BBM (bahan bakar minyak). Minyak bumi merupakan bahan baku utama dalam pembuatan BBM seperti minyak tanah, solar, bensin atau premium, avtur, pertamak dan sebagainya. Bahan bakar minyak ini dipergunakan manusia untuk menggerakkan bernagai macam mesin dan kendaraan bermotor, mulai dari pesawat terbang hingga sepeda motor. Minyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun.
b)Batu Bara
Batubara adalah sumber daya alam yang dipergunakan manusia sebagai bahan bakar untuk kepentingan rumah tangga dan industri. Berbeda dengan minyak bumi, walaupun sama-sama dipergunakan sebagai bahan bakar, batubara dipergunakan manusia untuk bahan bakar rumah tangga dan industri, sedangkan minyak bumi dipergunakan manusia sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin dan peralatan bermotor. Batubara berasal dari tumbuhan purba yang telah mati berjutajuta tahun yang lalu.
c)Emas dan Perak
Emas dan perak adalah batu mulia yang dipergunakan manusia untuk perhiasan dan berbagai macam asesoris. Emas bentuknya sangat khas, warnanya kuning mengkilat dan nampak indah, sedangkan perak warnanya putih mengkilat. Selain sebagai perhiasan dan asesoris, emas dipergunakan manusia sebagai acuan atau alat dalam kegiatan transaksi perdagangan. Pada jaman dahulu, sering emas dipergunakan untuk berbagai macam bentuk transaksi perdagangan.
d)Besi
Besi merupakan bahan endapandan logam yang berwarna putih. Besi berasal dari bahan yang bercampur dengan tanah, pasir dan sebagainya. Besi berasal dari biji besi yang diambil oleh manusia melalui kegiatan penambangan.

PERKEMBANGAN SUMBER DAYA ALAM KHUSUSNYA DI INDONESIA


Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.
Indonesia, salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati dan nonhayati terbesar di dunia.
Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan.
Sumber Daya Alam tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.
Berdasarkan fungsinya, hutan Indonesia dibagi menjadi empat jenis, yaitu hutan lindung, hutan produksi, hutan suaka alam, dan hutan wisata. Produksi kehutanan berupa kayu hutan, baik kayu bulat, kayu gergajian maupun kayu lapis. Dari hasil hutan tersebut, yang saat ini menjadi produk andalan Indonesia untuk kegiatan ekspor adalah kayu lapis.

  • JENIS – JENIS TANAMAN DAN PENJELASANNYA

1 Beringin Putih
Nama Latin : Ficus Benjamina “Variegata”
Nama Lain :
Beringin varigata, Variegated mini-rubber
Famili :
Moraceae
Keterangan dan Sejarah  : Yang membedakan beringin ini dengan lainnya adalah daunnya yang berbelang-belang hijau putih atau kuning gading, permukaannya halus, mengkilap. Daun berbentuk elips, berujung lancip, panjangnya 6 – 8. Tanaman tropis ini berasal dari Florida dan Kalifornia, Amerika Serikat.
Kegunaan (Fungsi) : Beringin putih yang masih kecil tampak indah, meskipun tidak dipangkas. Dan ada juga yang ditanam dalam bentuk bonggol-bonggol berbatang besar. Ia bisa ditempatkan di salah satu sudut taman atau sebagai eye catcher di tengah taman. Atau dikombinasi dengan tanaman lain yang berwarna kontras.


2. Bugenvil
Nama Latin : Bougainvillea glabra
Nama Lain :
Bunga Kertas
Famili :
Nyctaginaceae
Keterangan dan Sejarah  : Bila sedang berbunga, tanaman tropis dari Brazil ini bagai karangan bunga yang ditanam di tanah. Tajuknya akan penuh oleh bunga berwarna-warna, tergantung varietasnya. Kelopak bunga terdiri atas 3 lembar daun pelindung yang umumnya berwarna keunguan sampai pink atau putih.
Kegunaan (Fungsi) : Bunga-bunganya yang cerah dan “ramai” akan memberikan variasi yang lain pada taman bila ditanam di antara hijaunya dedaunan, ditambah oleh bonggol yang menarik. Dapat ditanam di pinggir kolam atau di antara tanaman pangkas-pangkasan lainnya. Bila ditanam di antara border di sisi jalan masuk akan memberi kesan lembut dan “menyambut”.


3. Cemara Kipas
Nama Latin : Thuja occidentalis “Emerald”
Nama Lain :
American arbor-vitae, White cedar
Famili :
Coniferae
Keterangan dan Sejarah  : Sosoknya menyerupai piramida yang dapat mencapai tinggi 20 m. Daunnya berwarna hijau gelap dan hijau kekuningan pada bagian ujung, tersusun menipis serta menyirap mirip kipas. Batangnya cokelat kemerahan dan cabang-cabangnya muncul dekat pangkal batang. Cabang-cabang ini tersusun padat seperti pada paku-pakuan namun lebih besar. Memiliki bau khas cemara yang kuat. Buah kerucutnya muncul saat muda dan menggantung dengan warna cokelat sepanjang 2 cm bila telah tua.
Kegunaan (Fungsi) : Cemara ini dapat ditanam berderet sepanjang pagar baik di luar maupun di dalam halaman, sehingga dapat berfungsi sebagai pembatas dan “pemahat” angin. Pada taman yang luas, deretan cemara kipas di sepanjang jalan masuk akan memberikan kesan pengarah yang kuat.


4 Cemara Lilin
Nama Latin : Cupressus sempervirens
Nama Lain  :
Cemara tretes, Mediterranean cypress
Famili :
Moraceae
Keterangan dan Sejarah  : Cemara yang ramping ini berasal dari Eropa Selatan, Asia Barat, dan India Utara. Cemara klasik ini banyak disebut oleh banyak disebut oleh penulis-penulis Roma dan Yunani. Cabang-cabangnya sangat pendek hingga sosoknya ramping meninggi, tapi tidak selalu membentuk tajuk yang tebal. Dapat mencapai ketinggian 20 m. Daun berwarna hijau gelap bersusun bertingkat pada batang yang ujungnya mengecil.
Kegunaan (Fungsi) : Sosoknya yang tegak mengesankan suasana formal. Karena ia biasa ditanam berderet atau trio di sisi pagar dan jalan masuk yang di sekelilingnya ditanam border. Dapat juga ditanam berderet pada sisi dinding atau tembok untuk menghilangkan kesan kaku, dan biasanya ujung tajuk dipangkas dan dibentuk.


5 Cemara Udang / Cemara Laut
Nama Latin : Casuarina equisetifolia
Nama Lain :
Australian pine, Horsetail tree
Famili :
Casuarinaceae
Keterangan dan Sejarah  : Cemara ini populer sebagai bahan bonsai. Banyak tumbuh di daerah pantai dan memiliki batang yang artistik. Mungkin karena batangnya yang besar dan pendek berbenjol-benjol itulah ia disebut cemara udang. Daunnya seperti kawat dan berduri, berwarna hijau keabu-abuan. Cemara udang banyak didatangkan dari Pulau Madura.
Kegunaan : Lekuk dan warna batang yang hitam serta susunan daunnya memberikan komposisi yang menawan, sehingga sangat pas sebagai salah satu elemen taman bergaya Jepang. Biasanya ia ditanam di antara bukit-bukit taman berumput maupun pada taman batu. Agar keindahannya terlihat utuh, cemara udang ditanam tunggal atau beberapa pohon secara tersendiri.


6 Drasena Drako
Nama Latin : Dracaena draco
Nama Lain : Dragon tree
Famili : Liliaceae
Keterangan dan Sejarah : Tanaman subtropis yang artistik ini berasal dari Pulau Canary. Sosoknya dapat mencapai ketinggian 20 cm dengan diameter tajuk mencapai 4,5 m. Tanaman muda sangat dekoratif dengan susunan daun roset membentuk tajuk yang rapat. Daun berbentuk pedang, tebal, dengan permukaan halus berwarna hijau kebiruan. Pinggirannya tembus cahaya dan berwarna merah gelap bila ditimpa sinar matahari. Ada kepercayaan bahwa resin merah tua yang dikeluarkan daun dan batangnya adalah darah naga.
Kegunaan (Fungsi) : Komposisi tajuk yang menarik ini cocok dipilih sebagai pengisi sudut taman. Selain itu ia dapat juga dijadikan sentral pada taman yang luas dengan menambahkan bedding plant di sekitarnya.





  • TANAMAN SEBAGAI SAYURAN YANG DAPAT DI MAKAN
1. Bayam
Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas
Bayam merupakan tanaman dikotil yang memiliki sifat batang basah (herbaceus) dengan bentuk batang bersegi.Sifat permukaan batang pada bayam, licin beralur dengan arah tumbuh batang yaitu tegak keatas.Tipe percabangan batang pada bayam yaitu tipe percabangan batang monopodial,dengan sifat batang sirung pendek. Arah tumbuh batang yaitu tegak lurus keatas.Berdasarkan panjang umur batang, bayam termasuk tanaman muda (annuus).


2. Cabai
Cabai atau cabai merah atau chili (bahasa Ambon) adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.


3. Sawi
Sawi adalah tumbuhan marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.


4. Terong
Terung (Solanum melongena, di Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka.Terung sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.


5. Tomat
Tanaman tomat (Lycopersicon esculentum ) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau merah waktu tua. Perbanyakan tanaman ini umumnya dengan biji dan biasa dibudidayakan pada lahan kering. Umur panen tanaman tomat kurang lebih 55-61 hari setelah tanam (HST).Tomat termasuk sayuran buah yang digemari. Tomat mempunyai berbagai manfaat antara lain sebagai bumbu, lalap, makanan yang diawetkan (saus tomat), buah segar atau minuman (juice). Buah tomat banyak mengandung vitamin A dan C.


6. Kembang Kol
  Kubis bunga merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis darijenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kembang kol yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool.Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar.


7. Kangkung
Tanaman kangkung (Ipomoea reptans) termasuk sayuran daun yang populer. Hampir setiap penjual sayuran menjual kangkung. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah.
Terdapat dua jenis kangkung yang biasa dibudidayakan yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun dan batang yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung darat. Kangkung dapat dipanen pada hari ke-27 setelah tanam.
Pemanenan dapat dicabut langsung atau dipotong dengan menyisakan buku batang. Setelah dipotong, kangkung dapat tumbuh kembali dan dipanen lagi.


8. Seledri
Seledri (Apium graveolens ) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.


9. Kol
Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea LKelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti "berkepala"). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat . Kubis dapat dimakan segar sebagai lalapan maupun diolah. Sebagai lalapan, kubis yang dilengkapi sambal biasa meyertai menu gorengan atau bakar seperti ayam atau lele. Kubis diolah untuk membuat orak-arik atau capcay. Daun kubis yang direbus menjadi lunak, tipis, dan transparan. Perebusan ini dapat dijumpi dalam berbagai sup dan sayur.


10. Jamur
Jamur merupakan salah satu bahan masakan yang nikmat. Beberapa jenis jamur bisa menjadi pengganti protein hewani karena rasanya yang mirip. Namun ada jamur pangan dan jamur yang tidak bisa dikonsumsi manusia.
Saat ini banyak jenis jamur dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Jamur pangan ini mengandung sejenis sterol yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. 
  • JENIS TANAMAN HIAS

Tanaman Hias Daun
1. Adiantum atau suplir.
Suplir sendiri mempunyai berbagai jenis dan varietas. Meski begitu, suplir yang cukup cantik karena berdaun kecil dan memberi suasana segar itu, agak sulit dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara bersih.
Suplir membutuhkan sedikit cahaya. Karena itu, sebagian tempatnya harus teduh. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air, asal lembab dan tidak basah, tetapi juga tidak kering. Air penyiram sebaiknya air hujan.
Selama musim kemarau, pot perlu dikelilingi dengan mos yang basah – tidak harus dengan air hujan – agar kelembabannya terjaga. Pada awal musim hujan, merupakan musim tumbuh, sebaiknya suplir dipupuk teratur sesudah dipindah ke pot yang lebih sesuai besarnya.
2. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)
Kecantikan tanaman ini terletak pada bentuk dan warna daunnya.
Keladi Red Star kecantikannya adalah pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daunnya berwarna agak kemerahan (pink) dengan belang-belang hitam. Keladi hias termasuk tanaman yang mudah ditanam, tanaman hias ini cepat berkembang asal media tanamnya tetap dijaga lembab. Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat. Untuk penyiraman cukup disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya, jangan ke daun.
Dengan media yang basah (lembab), keladi akan tumbuh cantik, lebar, dan warna pada daunnya akan lebih keluar. Media biasanya memakai sekam atau cocopeat. Jangan memakai tanah karena akar sulit untuk menembusnya,
3. Aglaonema
Tanaman ini berdaun lonjong hijau, dihiasi bintik-bintik, garis, atau ban berwarna abu-abu keperakan. Sri rejeki ini mudah ditanaman tanpa perawatan intensif, tapi membutuhkan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang lembab. Hanya saja, Anda perlu hati-hati bila ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau, daun Sri Rejeki mudah layu dan harus dibuang. Tanaman ini juga tidak tahan terhadap uap air dari dapur dan asap rokok. Selain itu, daun segar yang sudah tua juga perlu dipangkas.


4. Dieffenbachia
Di kalangan penjual tanaman hias, Dieffenbachia dikenal pula sebagai daun bahagia atau bunga bahagia. Dieffenbachia juga dikenal mudah dalam perawatan dan perbanyakannya. Tanaman ini tahan dalam ruangan meskipun untuk jangka tertentu perlu diperlakukan pula di ruang terbuka. Warna daunnya cenderung gelap bila ditempatkan dalam ruang atau di bawah naungan. Jadi, tak masalah jika ingin menjadikannya sebagai tanaman indoor. Daun Dieffenbachia mampu menyerap racun di udara. Menempatkannya dalam ruangan, selain mempercantik ruang, juga membersihkan udara. Menanamnya di halaman, bisa ikut membantu mengurangi gas polutan di sekitar rumah.
Perbanyakan tanaman ini umumnya dilakukan dengan stek.


5. Kuping Gajah (Anthurium crystallinum Lindl.)
Tanaman lainnya yang tak kalah cantik adalah Anthurium Crystallinum atau Kuping Gajah. Tanaman ini dipelihara karena keanehan daunnya yang berbentuk jantung dan besar, bila dibandingkan dengan ukuran batangnya. Daun yang lebar ini lalu dianggap menyerupai kuping gajah. Daun kuping gajah berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputih-putihan. Tanaman ini termasuk jenis Anthurium Daun, yang memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa dan untuk perawatannya lebih mudah, karena perhatian cenderung hanya tertuju pada daunnya saja.


6. Paku Tanduk Simbar Menjangan (Platycerium bifurcatum (Cav.) C.Chr.)
Paku Tanduk Rusa (Platycerium) adalah suatu genus tumbuhan paku dengan lebih kurang 18 jenis. Kesemuanya merupakan epifit (akar melekat di batang pohon) dengan penampilan yang unik karena memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda.
7. Saka Asparagus Plumosus.
Ini tanaman sejenis paku yang lebat daunnya menyerupai jarum halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah beberapa bunga, lalu digunakan untuk menghias. Asparagus ini mudah ditanam, asal diberi cahaya matahari tidak langsung. Ia juga butuh lingkungan yang lembab dan tidak kekurangan air.
8.Begonia semperflorens yang merupakan salah satu jenis Begonia bunga.
Ia tetap mungil dan berbunga setiap saat sepanjang tahun.
Tanaman yang daunnya bulat, hijau mengkilat ini, memiliki bunga bervariasi, dari putih sampai ke merah merona. Jenis tanaman ini menghendaki udara lembab (biasanya pot dibungkus dengan mos basah), akan tetapi daun-daunnya tidak boleh kena air.




  • JENIS TANAMAN OBAT
1. Daun Seledri (Apium Graviolens)
Tanaman yang ini tidak asing untuk kita didesa maupun didesa, selain rasa yg enak digunakan buat penyedap rasa masakan nyatanya daun seledri jugak berguna untuk obat alamiah karna kaya akan kalsium, fosfornya.

Misalnya daun seledri dapat dijadikan untuk
Mengobati Asam Urat. Metodenya Cukuplah merebus beberapa biji seledrinya untuk 1 gelas air lalu panaskan dan dan diminum hangat tiap paginya.
2. Tanaman Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Blustru atau disebur jugak Ketela Manis ( Di jawa barat dinamakan Lapang Oyom dan di Palembang dinamakan Hurung Jawa) adalah tanaman herbal nusantara yg sudah mengalir turun temurun. Tapi sekarang ini jarang yang menjadikan untuk obat bahkan ada sebahgian kita tak tau gimana bentuknya Blustru itu. ketela manis bisa dijadikan untuk
Mengobati Asma, tipsnya cucilah terlebih dulu daun blustru yg muda taruh diatas nasi panas (dapat simpan diatas saat memasak nasi) Kemudian makanlah untuk lalapan tiap hari.
3.Tanaman Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)
Tumbuhann ini dinegara kita tumbuhnya didaerah Kalimantan.tanaman pasak bumi bisa membantu meningkatkan kadar testosteroon dan untuk lelaki mnambah gairahnya. Selain itu pula dapat menjadikan
Obati Ejakulasi Dini. kebanyakan Toko obat biasanya menjual obat ini telah berupa teh,atau kopi, yg bentuknya kering.

4. Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia

Tumbuhan Mengkudu mempunyai nama yg berbeda di tiap daerah misalnya di daerah jawa barat dinamakan Cangkudu, di Aceh tempat saya dinamakan boeh Keumeudee, dan di Jawa diseut kudu. Tumbuhan ini biasanya ditanam di aceh di tiap rumahnya ada (kebanyakan tak semuanya) karna biasa digunakan untuk bahan rujak atau menu berbuka puasa kita. Tetapi tahukah sodara bahwa buah Mengkudu dapat menjadi Obat Jantung Koroner dan untuk pencegahan penyakit jantung koroner. Caranya adalah mudah sekali cukuplah buat jus mengkudunya kemudian saring air dari sarinya bisa ditambahkan madu agar lebih enak dan diminum 2 x sehari sesudah kita makan.

5.Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera)
Tanaman Lidah buaya sejak jaman dulu sudah dijadikan untuk bahan perawatan kosmetik kecantikan wanita dan untuk obat alami. Sekarang ini dijapan sedang dikembangkan studi penelitian lidah buaya untuk
Obat Kanker. Sekarang ini banyak sekali tips untuk minuman lidah buaya misalkan Cendol ala Pontianaknya.

6.Tanaman Buah Makasar (Brucea Javanica)
Buah ini mempunyai rasanya yg amat pahit dan beracun. Tapi bila digunakan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan dosisnya tumbuhan ini berkhasiat menjadi obat Penyakit Diabetes Melitus karna bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita.
Selain itu juga Buah ini pula mampu menjadikan
Obat Kanker Serviks, Caranya adalah dapat dengan seduh kedalam setengah gelas  dan meminumnya 2 - 3 x sehari (kebanyakan Toko obat yg menjual Buah Makasar ini sudah kering jadi kita tak harus susah menumbuk atau mengeringkannya).



0 komentar:

Post a Comment