Thursday 21 April 2016

// // 1 comment

KOROSI PADA KOMPONEN PC DAN CARA PENANGGULANGANNYA

Corroded_mobo
Tahukah kamu, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan karakteristik klimatologi yang khas, yaitu temperatur dan kelembapan udara yang tinggi serta curah hujan yang melimpah. Karakter klimatologi khas ini secara langsung meningkatkan resiko terjadinya korosi pada komponen komputer yang mengandung unsur logam biasanya pada konektor.
Selain kelembaban terlalu tinggi (pada daerah tertentu), faktor utama penyebab korosi pada komponen komputer adalah akumulasi debu dan partikel halus yang tidak pernah dibersihkan. Pada musim hujan atau suhu lembab, debu dan partikel halus tersebut akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang bisa mengakibatkan korsleting.
Kotoran atau debu yang menempel lama pada komponen komputer juga bisa mengakibatkan terjadinya karat. Selain itu, debu juga mengganggu koneksi pada soket periferal bahkan bisa membuat lapisan isolator pada PCB terkelupas yang berujung menjadi korosi pada jalur tembaga. Konektor yang tersentuh oleh tangan yang berkeringat tanpa disadari juga bisa memicu korosi.
Jika korosi sudah terjadi, perawatan komputer akan lebih sulit. Bahkan jika sudah tidak tertolong, mau tidak mau anda harus mengganti komponen yang terkena korosi. Lakukan tips berikut untuk mencegah korosi pada komputer Anda:

1Meletakan PC Dengan Benar

Mencegah Korosi - Sirkulasi PC
Tempatkan komputer di ruangan yang kering dan sejuk, tidak terkena matahari langsung. Beri jarak antara komputer dengan dinding minimal sekitar 30 cm untuk kelancaran sirkulasi udara.
2. Menutupi PC Desktop
Mencegah Korosi - Penutup PC
Untuk menghindari masuknya debu dan partikel halus, gunakan penutup sewaktu komputer yang sedang tidak dipergunakan.
Mencegah Korosi - Penutup PC
3. Membersihkan PC Desktop
Mencegah Korosi - Bersihkan PC
Bersihkan komputer anda dari debu dan partikel halus secara berkala. Bagi anda pengguna Komputer Rakitan anda bisa buka pasang sendiri komputer Anda, tanpa menghanguskan garansi. Buka casing komputer dan gunakan kuas halus untuk menghilangkan debu dan partikel kotoran dari komponen. Gunakan vakum komputer untuk menyedot debu yang berada disekitar komponen yang susah dilepas. Lakukan dengan sangat hati – hati agar tidak terjadi kerusakan akibat pembersihan komputer.
Mencegah Korosi - Bersihkan PC
4. Menggunakan Sarung Tangan
Mencegah Korosi - Gunakan Sarung Tangan
Pastikan pada saat membersihkan komputer, tangan dalam keadaan kering dan bersih,jika ragu gunakan sarung tangan. Ini erupakan langkah pencegahan agar konektor-konektor tidak tersentuh oleh tangan yang berkeringat
Mencegah Korosi - Gunakan Sarung Tangan
5. Memilih Produk yang Memiliki Daya Tahan Lebih Terhadap Korosi
Jika anda menggunakan komputer rakitan, gunakan komponen yang dijamin memiliki daya tahan lebih terhadap korosi. Misal Motherboard GIGABYTE yang menggunakan lapisan serat gelas (fiberglass) khusus yang lebih rapat pada PCB untuk memperlambat proses oksidasi. Gigabyte juga memberikan garansi akibat korosi untuk 1 tahun pertama.


SUMBER : http://njt.co.id/mencegah-korosi-komponen-pc/

1 comment: