Friday 15 April 2016

// // 2 comments

TKJ : laporan Kunjungan industri kementrian ifnromasi dan komunikasi KOMINFO 2016 @kominfo #smkn 1 cikalong kulon


KATA PENGANTAR :
assallamuallaikum wr.wb

alhamdulilah puji dan syukur marilah kita panjatkan terlebih dahulu terhadap ALLOH.SWT yang maha agung dan pengasih. Karena berkat rahmat dan nikmat nya yang telah di berikan kepada kita. Yang mana telah memberikan bantuan dalam kegiatan kunjungan Industri Smk negeri 1 cikalongkulon jurusan Teknik Komputer dan Jaringan '' TKJ'' ke- kementrian komunikasi dan informasi.
Shalawat beserta salam juga tak lupa kita curahkan kepada jungjungan besar Nabi.Muhammad saw. Kepada para keluarganya ,sahabat-sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya. Amin yarobal alamin
alhamdulilah yang mana dari uraian kegiatan kunjungan industri yang di lakukan oleh smk negeri 1 cikalongkulon khususnya jurusang TKJ kelas X ini telah banyak mendapatkan berbagai macam ilmu dan materi yang di dapatkan pada kegiatan, ini yang mana saya selaku murid dan peserta dari kegiatan ini menyusun suatu laporan dari kegiatan ini yang mana laporan ini adalah suatu tugas yang harus di laksanakan guna untuk mejadikan suatu bukti bahwa dalam kegiatan tersebut mendapatkan hasilnya tidak hanya untuk bermain saja, yang mana tujuan dari pembuatan laporan ini selain untuk melaporkan hasil kegiatan tersebut juga saya selaku penyusun berharap agar laporan ini dapat berguna sebagai bahan ilmu pengetahuan bukan hanya sekedar laporan saja. Dan semoga bermanfaat . Dan mohon maaf apabila ada beberapa materi yang kurang di pahami. Serta sebagian lagi materi yang lain di ambil dari beberapa materi di website resmi kemenkominfo.
Akhirul kalam semoga bermanfaat .amin ya robal alamin

wassalamu alaikum wr.wb



Cianjur, 2 Maret 2016






( KEVIN NOVELIANDI AFENDI )














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………...
DAFTAR ISI ……………………………………...

BAB.1 PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG ……………………………………...
B. TUJUAN ……………………………………...
C. MANFAAT ……………………………………...

BAB. 2 ISI PEMBAHASAN

A. LOGO MENKOMINFO ……………………………………...
B.SEJARAH MENKOMINFO ……………………………………...
C. VISI DAN MISI MENKOMINFO ……………………………………...
D. TUGAS DAN FUNGSI ……………………………………...
E. SUSUNAN ORGANISASI ……………………………………...
F. UNIT KERJA ……………………………………...
G, HASIL MATERI YANG DI DAPAT DARI KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI ……………………………………...

BAB 3 PENUTUP

KESIMPULAN ……………………………………...
SARAN DAN KRITIK ……………………………………...
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………...




















BAB. 1 PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

seiring dengan kemajuan nya dunia Informasi dan komunikasi dan telah banyak nya penggunaan teknologi di indonesia yang pesat ini yang mana hal tersebut membuat pemerintah harus semakin bekerja optimal bukan hanya secara nyata melainkan harus melalui secara media berupa internet dan sebagainya. Yang mana dalam penggunaan tersebut sangat bermacam – macam penggunaannya maka dari itu harus di perlukan juga peran serta masyarakat untuk membantu pemerintah yang mana khususnya dalam bidang pendidikan yang menuntut masyarakat harus pandai – pandai dalam menghadapi jaman serba canggih dan modern ini agar terhindar dari hal – hal yang tidak di inginkan.

B. TUJUAN

1. Agar lebih mengetahui ilmu pengetahuan khususnya teknologi di indonesia
2. Agar dapat menjadi sarana dan prasarana untuk belajar
3. Membantu pemerintah dalam menangani penggunaan teknologi yang baik
4. Memberikan bantuan kepada pihak – pihak yang masih awam

C.MANFAAT

1. Menambah ilmu pengetahuan
2. Mencegah dari penggunaan negative
3. Membantu mengembangkan pemanfaatan teknologi
4. Menambah pengalaman dan wawasan dll


























BAB 2 ISI PEMBAHASAN


  • A. LOGO KEMKOMINFO
























Arti Visualisasi Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika menurut KEPMENKOMINFO No. 144/KEP/M.KOMINFO/4/2007 tentang Penetapan Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut:
a. Bentuk dasar mengambil dari unsur-unsur sebagai berikut :
1) Secara menyeluruh bentuk logo ini terbentuk dari susunan tiga huruf C yang merupakan singkatan dari : Communication, Content and Computer, yang merupakan bidang utama tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika.
2) Bentuk geometris yang membentuk tiga bidang yang secara optis bersumber dari satu titik pusat memutar menyebar/melebar, mengandung pengertian bahwa Kemkominfo mempunyai tugas untuk meningkatkan akses komunikasi dan pos yang berkualitas, merata dan terjangkau, juga menggambarkan unsur kegiatan penyiaran. Bentuk ini pun menyiratkan kesan ‘berkembang’, sesuai dengan visi Kemkominfo dalam peningkatan litbang dan industri. Bentuk inipun secara garis besar membentuk lingkaran, menyiratkan kemandirian.
3) Secara sepintas bentuk logo ini menyerupai sebuah kerang, terinspirasi oleh Nafiri, alat komunikasi tradisional yang sering dipakai oleh leluhur bangsa Indonesia untuk berkomunikasi.
b. Warna:
1) Merupakan kombinasi warna biru, yang mempunyai karakter, Lugas, Kokoh, Teknologis, Dinamis, Optimis dan profesionalisme.
2) Aksen wama biru muda, selain menambah kesan estetis, juga menyiratkan pengertian “perlindungan terhadap kepentingan public” (digambarkan dengan bidang biru muda yang ‘dipayungi’ oleh dua bidang biru).
c. Tipography: Logotype menggunakan tipe huruf Logotype menggunakan tipe huruf FUTURA MD Bt, yang mempunyai karakter Lugas, Berwibawa dan Modern.

ARTI DARI 3 HURUF MEMBENTUK C :

1. Comunication infrastruktur
pembangunan alat – alat Komunikasi Contoh : Satelit – jalur Frequensi – Penyiaran – Izin Penyiaran

2. Comunication Content
Peraturan / Regulasi . Aturannya termasuk Izin Frequensi dan penyiaran Yaitu : Radio , Hp , Interet dan lalu lintas komunikasi NKRI.

3. Comunication Computer
applikasi – programer – internet
menangani tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer.
Fungsi dari semua itu adalah untuk menjaga frequensi serta untuk mencegah terjadinya teror. Dan apabila ada frequensi yang terganggu maka pihak kemenkominfo harus bisa memperbaikinya, dan untuk Balai Monitoring Tentang Frequensi Hanya Ada 1 di Setiap daerah
contoh di jawa barat hanya ada di bandung.
























  • B.SEJARAH KEMKOMINFO

Image

Kementerian Komunikasi dan Informatika (sebelumnya bernama "Departemen Penerangan" (1945-1999), "Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi" (2001-2005), dan Departemen Komunikasi dan Informatika (2005-2009), disingkat Depkominfo) adalah Departemen/kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Kominfo dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Rudiantara.




  • C. VISI DAN MISI KEMKOMINFO

Visi dan Misi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengacu pada Visi dan Misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla. 
Visi: 
Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong
Misi:
  1. Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamanan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
  2. Mewujudkan masyarakat maju, berkesimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum
  3. Mewujudkan politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim
  4. Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera
  5. Mewujudkan bangsa yang berdaya saing
  6. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasikan kepentingan nasional
  7. Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

Dalam Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2015— 2019, pembangunan bidang komunikasi dan informatika lima tahun ke depan diprioritaskan pada upaya mendukung pencapaian kedaulatan pangan, kecukupan energi, pengelolaan sumber daya maritim dan kelautan, pembangunan infrastruktur, percepatan pembangunan daerah perbatasan, dan peningkatan sektor pariwisata dan industri, berlandaskan keunggulan sumber daya manusia dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Sebagai leading sektor di bidang komunikasi dan informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Renstra tahun 2015—2019 akan berfokus membangun sektor telekomunikasi, tata kelola internet, dan digitalisasi siaran televisi.
Adapun sasaran strategis pembangunan di bidang komunikasi dan informatika meliputi:
  1. Terwujudnya ketersediaan dan meningkatnya kualitas layanan komunikasi dan informatika untuk mendukung fokus pembangunan pemerintah sebagai wujud kehadiran negara dalam menyatakan kedaulatan dan pemerataan pembangunan
  2. Tersedianya akses broadband nasional, internet dan penyiaran digital yang merata dan terjangkau untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
  3. Terselenggaranya tata kelola Komunikasi dan Informatika yang efisien, berdaya saing, dan aman
  4. Terciptanya budaya pelayanan, revolusi mental, reformasi birokrasi dan tata kelola Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berintegritas, bersih, efektif, dan efisien.
 *) Sumber : Renstra Kominfo 2014-2019


  • D. TUGAS DAN FUNGSI

Tugas & Fungsi Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut:
Tugas : Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
Fungsi :
  1. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik; 
  3. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik; 
  4. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika;
  5. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
  6. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
  7. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
  8. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 









  • E. SUSUNAN ORGANISASI




  • F. UNIT KERJA

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia terdiri dari 7 Unit Kerja, yaitu :
  1. Sekretariat Jenderal
  2. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
  3. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
  4. Inspektorat Jenderal

  • G, HASIL MATERI YANG DI DAPAT DARI KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI

PEMATERI :
TEMPAT : RUANG MENKOMINFO / RUANG RAPAT LT.2
WAKTU : 10 FEBRUARI 2015 JAM : 10.25 WIB
MATERI :

ARTI DARI 3 HURUF MEMBENTUK C PADA LOGO KEMENKOMINFO

1. Comunication infrastruktur
pembangunan alat – alat Komunikasi Contoh : Satelit – jalur Frequensi – Penyiaran – Izin Penyiaran

2. Comunication Content
Peraturan / Regulasi . Aturannya termasuk Izin Frequensi dan penyiaran Yaitu : Radio , Hp , Interet dan lalu lintas komunikasi NKRI.

3. Comunication Computer
applikasi – programer – internet
menangani tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer.
Fungsi dari semua itu adalah untuk menjaga frequensi serta untuk mencegah terjadinya teror. Dan apabila ada frequensi yang terganggu maka pihak kemenkominfo harus bisa memperbaikinya, dan untuk Balai Monitoring Tentang Frequensi Hanya Ada 1 di Setiap daerah
contoh di jawa barat hanya ada di bandung.

KEMENKOMINFO
merupakan salah satu kementrian dari 34 kementrian di negara rep.Indonesia
yang mana terdiri dari beberapa susunan :

APABILA KEMKOMINFO tidak berjalan maka akan mengakibatkan bangsa Indonesia tidak bisa melihat tapi tida buta, tuli tapi bisa mendengar, karena kominfo adalah kemnetrian yang menangani tentang segala sesuastu komunikasi dan informasi di mulai dari perizinan penyiaran frequensi radio, kartu dan tayang tayangan televisi dan sebagainya termasuk konten atau isi penyiaran. Yang mana pada tahun 2016 ini ada 10 stasiun tv nasional yang tahun ini telah habis masa perizinannya yaitu izin IPP. November 1 tahun sebelum habis setiap pihak terkait harus meminta izin dan harus melakukan evaluasi dari segala sesuatu yang telah di lakukannya dsb,

alasan frequensi di atur yaitu agar tidak ada intevensi antara penyiaran 1 dan penyiaran lainnya. Agar tidak saling mengganggu apabila mengalami gangguan akan mengalami gangguan terhadap penerbangan indonesia , yang mana pengaturan frequensi di dunia berpusat di NEW YORK AMERIKA SERIKAT.



Jaringan dikenal broadband / jaringan tulang punggung . Kominfo yang di utamakan menghubungkan seluruh indonesia dengan menggunakan kable FIBER OPTIC di bawah laut. Adalah proyek dari kominfo yang di namai proyek palapa sesuai dengan sumpah patih gajah ada pada waktu itu yang mana ingin mempersatukan semua nusantara.
Dan untuk tahun ini menghubungkan kabupaten di bagi menjadi 3.yang mana proyek ini di danai oleh USO, PEMERINTAH , DAN SEMUA OPERATOR SELULER. Yang mana pihak operator seluler harus membayar untuk pembangunan BTS dengan harga 3 miliar. Untuk mempercepat kecepatan data. Jaringan di indonesia sedang dalam masa pembangunan sampai tahun 2019 yang mana pada saat ini jaringan type yang tersedia baru 2G-3G-4G


TIK harus berperan penting dalam kemanfaatan nya untuk ekonomi pada rakyat
contoh : yang cerdas menggunakan gadget tidak konsumtif, tidak berbanding lurus dengan ekonomi, tapi yang cerdas di gunakan untuk berdagang,

Penggunaan internet di indonesia yang paling tinggi adalah penggunaan:
SOCIAL MEDIA, MENCARI INFORMASI ,MENGIRIM ATAU MENERIMA EMAIL, DOWNLOAD, CHATING , BELAJAR , MAIN GAMES , MEMBACA , DOWNLOAD EBOOK, MENCARI INFOMASI ORGANISASI, DOWNLOAD SOFTWARE, MENJUAL / MEMBELI PRODUK, INTERNET, TELECONFRENCE .DLL
kemenkominfo bekerja sama dengan beberapa perusahaan contohnya : FACEBOOK, TWITTER, dan perusahaan terbaru yaitu NETFIX PRABAYAR, yang masuk ke dalam media jaringan dan melayani perfilman. Tetapi sudah di blokir karena tidak ada untungnya dan kualitas dari film tersebut sangat terlalu terang – terangan tanpa ada sensor, dan sekarang pihak menkominfo sedang mengembangkan suatu program yaitu DESA BROADBAND DUNIA.


PEMBLOKIRAN WEBSITE

telah banyak website yang di blokir oleh KEMKOMINFO . Yang mana dala internet itu terdiri atas 2 mata


SEBANYAK :


















BAB 3 PENUTUP

  • KESIMPULAN

dari uraian di atas yang telah di susun dari kegiatan kunjungan industri ke-kemenkominfo telah banyak mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan informasi yang di dapat di mulai dari sejarah kemenkominfo yang dulu bernama Departemen Penerangan" (1945-1999)'' sampai di ganti kembali menjadi kementrian komunikasi dan informasi yang mana mentri tersebut di jabat oleh bapak.Rudiantara pada kabinet kerja Presiden Jokowi 2014-2019. dan juga fungsi dari kemenkominfo sangat lah berperan penting dalam kemajuan teknologi ini yang mana dapat memberikan dampak positif dan mencegah dampak negatif. Yang mana prestasi dari kemenkominfo ini telah berhasil memblokir website yang tidak baik untuk di gunakan yaitu sebanyak 766.971 website yang telah di blokir, serta beberapa program dari kemenkominfo ini sangat lah baik untuk kemajuan teknologi di indonesia , tetapi dalam kemajuan tersebut pihak kemenkominfo juga tidak bekerja sendirian melainkan harus mendapatkan dukungan dari elemen – elemen masyarakat, untuk mensukseskan indonesia dan program – program nya yang baik salah satunya program palapa ring yang mana ingin menghubungkan seluruh indonesia dengan fiber optik,



  • SARAN DAN KRITIK

A,SARAN : Cintailah Produk – Produk indonesia apabila kita mencintainya dan membeli otomatis kita telah membantu perekonomian dan kemajuan teknologi di indonesia. Dan manfaatkan lah teknologi informasi dan komunikasi dengan baik jangan menggunakan untuk hal – hal kejahatan karena sangat berakibat falat akhirnya.
B. KRITIK : Gunakan Internet bukan untuk kesenangan tapi untuk digunakan untuk manfaat .dan gunakanlah hal-hal yang berguna dan batasi penggunaan internet jangan sampai berlebihan karena dapat menggangu hal-hal lain.


  • DAFTAR PUSTAKA

@SMKN_1_CIKALONGKULON
@Ubuntu_15.10




LAPORAN 




KUNJUNGAN INDUSTRI



KEMENTRIAN 


KOMUNIKASI 


DAN INFORMASI




















NAMA : KEVIN NOVELIANDI AFENDI

 KELAS : X – TKJ 2




SMK NEGERI 1 CIKALONGKULON

Jl. Raya Cikalongkulon Ds. Cinangsi kab.cianjur – jawa barat

2 comments:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete